Minggu, 01 Maret 2020

Apakah keadilan bisa sejalan dengan kebenaran


Latar belakang



Seseorang akan merasa senang bila suatu putusan yang dibuat oleh suatu institusi atau kelompok tertentu, terhadap suatu masalah, bersifat adil. Karena kebetulan putusan tersebut sesuai dengan unsur-unsur keadilan yang dia yakini. Namun apakah putusan tersebut sejalan  dengan kebenaran?.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Apa itu keadilan



Keadilan menurut:

A--Kamus Bahasa Indonesia online”, adalah:

     a--Sifat (perbuatan, perlakuan, etc) seseorang yang adil, dia hanya mempertahankan hak

          dan keadilannya.

     b--Pemerintah menciptakan keadilan bagi masyarakat.

B--Kamus Alkitab WRF Browning”, adalah:

     a--Sifat Allah1, (sifat ini sangat dirindukan sehingga manusia berusaha memperolehnya

          sebisa mungkin).



Keadilan menurut pribadimu

Dalam kelanjutan penghidupan apakah dia seorang pribadi, atau organisasi, atau Negara, atau siapa saja, pasti menghendaki “keadilan yang pasti” sehingga mereka dapat melakukan penghidupannya berdasarkan keadilan yang sudah pasti. “Keadilan yang pasti” hanya ada pada Tuhan, namun Dia menghendaki agar manusia dalam keadaan apa pun dapat melakukannya walaupun sangat sulit. Karena keadilannya telah dan akan dipengaruhi oleh pengetahuannya serta motivasinya sewaktu ingin mewujudkannya, bahkan pikirannya pun digoda oleh berbagai hal seperti yang dialami Adam dan Hawa. 



Keadilan2 adalah salah satu sifat Allah(Mzm.89:14). Sifat seperti ini terdapat dalam hati dan akal budi manusia. sifat ini adalah salah satu yang terpenting dalam hukum Taurat, yaitu syarat-syaratnya, berupa: anda harus berpribadi: adil dan belas kasihan dan setia(Mat.23:23).



Namun bila perbuatanmu tidak sesuai dengan syarat-syarat umum dari suatu daerah atau tempat anda berpijak, maka rasa keadilan anda akan berhubungan dengan peraturan yang berlaku, yang mungkin akan berurusan dengan hukum atau undang-undang setempat.



Karena persepsi keadilanmu dipengaruhi oleh pendidikanmu, pengalamanmu serta motivasimu yang lain kali berlainan arahnya dengan keadilan secara umum atau dimana anda berada, sehingga bisa terjadi pertentangan lalu timbul dosa, seperti yang di alami raja Daud yang mengambil Betsheba sebagai istrinya. Tapi di lain pihak jika anda mengaku dosa maka Tuhan akan setia dan adil sehingga Ia akan mengampuni segala dosamu dan menyucikanmu dari segala kejahatan(1Yoh.1:9). 



Berbicara mengenai keadilan dan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari, maka keadilanmu dan kebenaranmu selalu didasarkan pada hukum atau peraturanNya Tuhan yang ditulis dalam akal budimu(Ibr.8:10), yang akan dipengruhi oleh pendidikanmu, kebiasaan dimana anda berada, pergaulanmu, dll, misalnya dalam; suatu keluarga, suatu suku, atau organisasi, atau Negara.

Sehingga keadilannya setiap orang, organisasi, Negara, akan selalu berbeda-beda sesuai dengan proses budaya, motivasi dan tujuan yang akan dicapai.



2--Kebenaran

Apa itu kebenaran.

Kebenaran menurut:

A--Kamus Bahasa Indonesia online”, adalah:

     a--Keadaan Keadaan yang cocok dengan keadaan yang sesungguhnya, kita hrus berani

          pertahankannya .

     b--Sesuatu yang sungguh-sungguh ada, harus diyakini yang diajarkan agama

     c--Kelurusan hati, tidak seorang pun menyangsikan

B--Kamus Alkitab WRF Browning”, adalah:

     a--Kebenaran Allah adalah keterpercayaanNya(Yes.65:16),         

     b--Sebagai pengetahuan yang tepat(1Tim.4:3)



Namun suatu pendapat yang berupa kebenaran telah dianggap tepat dan sesuai, bila memenuhi pendapat umum atau kebiasaan masyarakat yang terdiri atas berbagai watak orang dan kelompok. Kemudian Negaranya menyelesiakan kebenaran tersebut menurut kebutuhannya sehingga terjadilah peraturan atau undang-undang. Karenanya kebenaran di Amerika Serikat berbeda dengan kebenaran di Indonesia. Contoh: seorang yang melakukan berbagai kejahatan di Amerika Serikat dapat dipenjarakan 40 thn, atau 50 thn, 90 thn. 110 thn. Tetapi di Indonesia maksimal 20 tahun penjara.  



3--Dimana kebenaran bersinggungan keadilan(1Kor.13:6)

Dalam surat Paulus yang pertama kepada Jemaat di Korintus (1Kor.13:6 mengatakan:

Ia (atau kasih) tidak bersukacita karena ketidak adilan, tetapi karena kebenaran.

Pernyataan dari Paulus sangat luas artinya, dan penekanannya di  “ketidak adilan” atau “kebenaran”, jadi dapat berarti a.l.:

Kasih tidak bersuka cita bila tidak ada keadilan, tapi harus kebenaran.



Namun penjelasan diatas adalah bahwa keadilan tergantung dari persepsi pribadi walaupun secara umumnya sama, tapi kalau dipicu oleh suatu masalah maka akan terlihat seberapa besar keadilanmu berpihak sehingga bersifat subjektif dan bila anda terus ditekan maka anda akan berkeras untuk mempertahankan pendapatmu. Dan sifat anda ini yang dikatakan subjektif namun belum tentu benar. Karenanya kebenaran yang harus di utamakan agar tidak terjadi gesekan antara keadilan dari seseorang dengan orang lain atau kelompok lain.



Jadi disinilab keadilan dan kebenaran akan bersinggungan. Keadilan sangat susah sejalan dengan kebenaran, walaupun dapat berjalan sejajar dalam beberapa hal. Namun hanya Tuhan yang bisa mengatur agar keadilan sejalan murni dengan kebenaran.



Contoh:Mengenai hukuman mati

Sekarang ini banyak Negara mulai menghapuskan hukuman mati, namun ada orang yang dihukum hingga 80 tahun atau lebih.

Tapi Yesus mengatakan atau berfirman, lihat, Mat.18:6 yaitu:

Jika barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepadaKu, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.



Oleh karenanya hukuman tergantung dari apa kasusnya, sehingga apa pun putusan hukumannya dari lembaga atau pengadilan, apakah cukup adil atau sesuai kebenaran yang berlaku, atau adil yang sejalan dengan kebenaran, harus diterima putusan tersebut.



Penutup

Persepsi keadilan dari setiap orang dapat terlihat bila dia tertarik karena di picu oleh suatu masalah yang telah ada putusan, namun aturan atau kebenaran dapat mengimbangi keadilannya, sehingga putusan tersebut dalam berlaku. 



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1, 2Adil, menurut kamus Alkitab, ( A dictionary of the Bible, Browning WEF), ISBN-978-979-687-393-7, Cetakan ke-5, thn2010, hal-4 kolom-2



Mzm.89:14

Mat.23:23

1Yoh.1:9

Ibr.8:10

Yes.65:16

1Tim.4:3

1Kor.13:6

Mat.18:6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar