Minggu, 15 November 2020

Apakah doamu dikabulkan

 

Latar belakang

Setiap orang yang berdoa untuk berbagai keinginannya, pasti mengharapkan doanya akan dikabulkan Tuhan, namun kenyataannya tidak selalu demikian.   

                                                                                                           

Materi yang dibahas, sesuai topik

 

1---Apa itu berdoa

Berdoa adalah suatu tindakan yang menghubungkan diri dengan Tuhan yang antara lain melalui perkataan yang terdengar atau tanpa terdengar. Atau percakapan antara Tuhan dengan seseorang di dalam hatinya. Misalnya:

a--Percakapan  antar Allah dengan Abraham. Jadi firman Tuhan datang kepada Abraham(Kej.15:1-6). Dalam percakapan ini Abraham memohon keturunan lalu Tuhan menjanjikan akan memberikannya. Juga Tuhan berfirman kepada Musa(Kel.3:2-6), yaitu ada api di semak belukar tapi tidak membakar semua belukar tersebut.

b--Tuhan yang mendahului dialog dengan Abraham atau seseorang atau Anda

c--Anda mendahului berdialog dengan Tuhan dan memohon sesuatu untuk kepentinganmu, seperti biasanya Anda lakukan setiap pagi, malam dan mungkin juga di setiap kesempatan yang memungkinkan.

d--Berdoa sangat luas artinya karena dapat mencakup seluruh aspek kehidupanmu yang sangat beragam. Karenanya Yesus mengajarkan doa yang bersifat keseluruhan, yaitu:

Doa Bapak Kami”

e--Sewaktu berdoa sebaiknya permohonanmu yang wajar dan masuk akal, karena tidak mungkin Tuhan mengabulkannya, contoh: Anda meminta menjadi penerbang tapi sekolah SD nya belum tamat sebab umurmu masih  belum dewasa.

f--Tidak semua permintaan melalui doa dikabulkan Tuhan karena mugnkin tidak sesuai dengan rancanganNya

 

2---Apakah Tuhan mengabulkan doamu

 

Dalam perikop “Hal pengabulan doa” di Matius (lihat di Alkitab), ada penjelasan mengenai hal tersebut. Yaitu: Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapatkannya; ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu(Mat.7:7).  Karena setiap orang yang meminta akan menerima, dan setiap orang  yang mencari akan mendapat, dan setiap orang yang mengetok maka baginya pintu akan dibukakan. Sebab, adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anakmu, jika ia meminta roti atau makanan, atau memberi ular atau batu jika anakmu atau istrimu meminta makan(Mat.7:9)?.

 

Jadi bila kamu yang jahat atau koruptor atau pencuri, tahu memberi pemberian yang baik kepada anak istrimu, apalagi Bapamu yang disurga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya(Mat.7:11).

 

Bila hal yang menyangkut kebutuhan mendasar atau katakanlah mengenai “sandang pangan papan” (makanan pakaian tempat-tinggal), maka Tuhan akan mengaturnya sesuai kehendakNya. Namun sebelum berdoa untuk memohon sesuatu kepada Tuhan Allah, maka pastikanlah Anda telah menganut ajaran kristiani. Hal ini penting karena kepada siapa imanmu itu tertuju. Sehingga  sedalam apa imanmu atau semurni apa imanmu terhadap Tuhan Allah. Karena kemurnian iman tergantung kepada siapa imanmu tertuju dan mengaplikasikan ajarannya, apakah kepada mamon, ilah-ilah, figur manusia atau roh-jahat atau, bila demikian itu adalah keliru.

Beriman harus tertuju kepada Tuhan Allah dan aplikasi ajaranNya untuk sesama manusia. Sebab bila iman telah sebesar biji sesawi saja maka gunung pun dapat Anda perintahkan untuk pindah ke tempat lain(Mat.17:20). Hal ini dapat terjadi karena kedekatan Anda dengan Tuhan Allah. Sehingga Tuhan yang memeri kemampuan padamu untuk memerintahkan gunung itu berpindah. Jadi Tuhan dapat mengabulkan doamu tergantung antara lain, pada:

a---semurni apa imanmu terhadap Tuhan Allah

b---Anda telah menganut ajaran serta percaya padaNya

c---seberapa dekat relasimu dengan Tuhan Yesus, karena Dia juga dapat menentukan pada saat itu untuk masuk ke surga. Contoh: seorang yang disalib bersama Yesus.

d---sesuai rancangan Tuhan Allah  

 

Karenanya, selalu percaya dan lakukan ajaranNya, itu akan memurnikan imanmu, jadi tidak ada kebencian, dendam, kesombongan, dan lain-lain, yang tersimpan dalam hatimu, sehingga kegiatan setiap harimu pasti diberi kemudahan oleh Tuhan sehingga selalu berhasil .

 

Jadi penjelasan di Matius 7 ayat 7, tidak bisa di terima secara tertulis, namun lakukan seperti yang dijelaskan di 2a,b,c,d diatas.

 

Penutup

Dikabulkan doamu atau tidak tergantung dari bagaimana imanmu dan pelaksanaannya, misalnya yang dijelaskan di 2a,b,c,d. Namun demikian Tuhan Allah mempunyai mempunyai kehendak sesuai rancanganNya, apakah doa mu akan di kabulkan atau tidak.

 

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan mohon sharing.

 

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  WRF

(Kej.15:1-6).

(Kel.3:2-6),

(Mat.7:7). 

(Mat.7:9)?.

(Mat.7:11).

(Mat.17:20).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar