Sabtu, 26 Desember 2020

Apa intinya peringati Hari Natal setiap 25Desember

 

Latar belakang  

Banyak orang bertanya apa intinya memperingati Natal setiap tahun

Materi yang dibahas,  sesuai topik  

 

Intinya Tuhan mengutus Yesus ke dunia, adalah untuk mengalahkan dosa(Rm.8:3):


Terjadinya dosa yang di buat manusia

Dosa yang di buat manusia karena terpengaruh bujukan iblis. Awalnya, Tuhan  berikhtiar untuk menciptakan manusia yang serupa dan segambar dengan Tuhan(Kej.1:26). Waktu Tuhan menciptakan manusia, mereka diberi kuasa untuk menguasai segala hewan dan juga merawat bumi, dan supaya mereka beranak cucu di bumi(Kej1:28), dan kehidupan manusia mulai dan terus berlanjut, tapi:

Setelah manusia jatuh dalam dosa melalui Adam dan Hawa karena mereka tergoda oleh bujukan iblis, maka Tuhan menghalau  mereka keluar dari taman Eden. Dosa ini adalah supaya manusia melawan peraturan dan kehendak Tuhan, hal ini akan berdampak dalam kehidupan mereka berupa sengsara yang terus-menerus. Walaupun Tuhan telah memberi petunjuk kehidupan kepada  manusia, petunjuk kehidupan itu adalah kasih.

Kehidupan sengsara terlihat adanya peperangan antar suku atau bangsa di zaman Abraham.

Moral manusia bertambah rusak sehingga bisa berkelamin dengan hewan di zaman adanya kota Sodom dan Gomora sebelum Tuhan menghancurkan mereka pakai api belerang.

Pada zaman Nuh, moral manusia pun merusak sehingga terjadi berbagai penderitaan, dan ini juga terulang lagi seperti di zaman Sodom dan Gomora. Lalu Tuhan membasmi manusia dengan cara menenggelamkan semua kehidupan di bumi.

Bangsa Israel pun demikian, walaupun Tuhan sudah beri peningkatan moral melalui hukum Taurat, tapi mereka juga melawan ajaran dan aturan Tuhan, sehingga mereka kembali lagi di buang ke Babilon, menjadi pekerja kasar atau budak.

Kerusakan moral dalam setiap orang telah terjadi dan terus berlangsung tanpa disadarinya, karena ada hukum yang melawan akal budi(Rm.7:23)

Dan berbagai dosa. 

Intinya Tuhan mengutus Yesus

Perbuatan manusia sehingga terjadi dosa seperti yang dijelaskan di atas adalah akibat melawan perintah dan aturan Tuhan. Perbuatan ini adalah dosa dan yang pasti manusia akan hidup sengsara dan mati karena dosa yang telah diperbuatnya, namun demikian Tuhan juga memberi petunjuk bagaimana cara mengatasi kesengsaraan manusia, a.l. (Rm.5:2-4, 1Kor12:31) dan mengutus anakNya untuk menyelamatkan manusia dan mengalahkan hukum-dosa yang berada dalam daging setiap orang, yaitu melalui KASIH, atau hukum Kasih.   Inilah salah satu inti Natal, dimana Hukum Kasih mengalahkan Hukum Dosa dalam daging setiap orang

Hukum Kasih

Sebetulnya hukum Tuhan telah memberikan hukumNYa dalam manusia sewaktu Dia menciptakannya, namun mereka tidak menyadarinya, dan Tuhan mengingatkan lagi  melalui

A----Musa.

Tuhan memberikan hukum Taurat atau 10 Perintah Allah, melalui Musa untuk bangsa Israel sewaktu mereka melintasi gurun pasir. Hukum Taurat ini penting karena akan menuntun mereka berkelakuan baik saling menghormati dan tahu kedudukannya dalam pergaulan. Sebab sejak di Mesir mereka diperlakukan seperti budak, sehingga mereka terbiasa berkelakuan buruk.

B---Yesus

Orang Farisi mencobai Yesus, sambil bertanya, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat(Mat.22:36).

Yesus jawab kepadanya:

a--Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

b--Itulah hukum yang terutama dan yang pertama

c--Hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu  sendiri

d--Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi (arti dari kitab para nabi adalah: para nabi melakukan penyebaran injil berupa ajaran kasih. jadi inilah yang di katakan: mengimani Kasih dan ada perbuatannya oleh para nabi Yak2:22 ) 

 

C---Tuhan mengadakan Perjanjian dengan bangsa Israel.

Dalam perjanjian itu Tuhan, Tuhan mengatakan atau mengingatkan bahwa, Dia telah menaruh hukumNya dalam akal budi manusia, dan menuliskannya dalam hati manusia(Ibr.8:10).

 

Jadi inti kedatangan Yesus ke dunia(1Yoh.4:9-10, Rm.8:3), adalah:

Supaya kita hidup di dalam Dia, jadi Allah mengasihi setiap orang. Walaupun mereka telah berbuat salah namun Allah mengutus Yesus untuk mencari orang yang berdosa, dan menyadari mereka bahwa; hukum yang melawan akal budi yang berada dalam setiap anggota tubuhmu(Rm.7:23) telah dikalahkan oleh hukum Kasih(Rm.8:3).    

Karenanya hukum Kasih harus terus-menerus hidup dalam akal budi, hati dan setiap anggota tubuhmu. Selamat Natal dan laksanakan hukum itu.  

 

Penutup

Inti Natal adalah, Tuhan mengutus anakNya tunggal untuk mengalahkan dosa, yang pemicunya ada dalam setiap anggota tubuhmu(Rm.7:23) tapi sudah di kalahkan oleh Kasih sehingga ada dalam anggota tubuhmu(Rm.8:3). Jadi laksanakan hukum Kasih tersebut.

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan mohon sharing.

PenulisEddyWarbung

R e f e r e n s iWRF

Kej.1:26                      1Kor.12:31                  Rm.3:8

kej.1:28                       Mat.22:36                               

Rm.7:23                      Yak.2:22                                

Rm.5:2-4                     1Yoh.4:9-10                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar